PP Nomor 5 Tahun 2009 tentang Bantuan Keuangan Kepada Parpol

Tinggalkan komentar

9 Juni 2009 oleh fahirohim

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PP) Nomor 5 Tahun 2009 tentang Bantuan Keuangan Kepada Partai Politik ini, merupakan penjabaran dari Undang-Undang (UU) Nomor 2  tahun 2008 tentang Partai Politik.

Dalam konsideran menimbang dari PP ini disebutkan bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 34 ayat (4) UU Nomor 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik, perlu menetapkan Peraturan Pemerintah tentang Bantuan Keuangan Kepada Partai Politik.

Pemberian bantuan keuangan kepada Partai Politik dalam PP ini diatur pada Pasal 2 ayat (1) bahwa Bantuan keuangan kepada Partai Politik dari APBN/APBD diberikan oleh Pemerintah/pemerintah daerah setiap tahunnya; Selanjutnya ayat (2) menyatakan bahwa Partai Politik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah Partai Politik yang mendapatkan kursi di DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota; Kemudian di ayat (3) dinyatakan bahwa Bantuan keuangan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diberikan secara proporsional yang penghitungannya berdasarkan jumlah perolehan suara.

Disebutkan pula dalam PP tersebut, alokasi-alokasi sumber anggaran berdasarkan tingkatan kepengurusan partai. Pasal 3 PP dimaksud ayat (1) menegaskan bahwa Bantuan keuangan yang bersumber dari APBN diberikan kepada Partai Politik di tingkat nasional yang mendapatkan kursi di DPR; Ayat (2) menyatakan bahwa Bantuan keuangan yang bersumber dari APBD provinsi diberikan kepada Partai Politik  di tingkat provinsi yang mendapatkan kursi di DPRD provinsi; dan ayat (3) memuat bahwa Bantuan keuangan yang bersumber dari APBD kabupaten/kota diberikan kepada Partai Politik di kabupaten/kota yang mendapatkan kursi di DPRD kabupaten/kota.

PP tersebut juga mengatur perihal tatacara dan penyaluran bantuan keuangan kepada Partai Politik. Dimana pembaca blog ini apabila kebetulan saat ini sebagai pimpinan parpol dapat membaca dan menelaah PP  dengan mendownload tautannya dibawah nanti.

Menurut saya, yang lebih penting dari PP Nomor 5 Tahun 2009 tersebut adalah soal “Penggunaan Bantuan Keuangan” kepada parpol, dimana disebutkan pada Bab IV Pasal 9 bahwa Bantuan keuangan kepada Partai Politik digunakan sebagai sarana penunjang Kegiatan Pendidikan Politik dan Operasional Sekretariat Partai Politik.

Dijabarkan pula mengenai Kegiatan Pendidikan Politik pada Pasal 10 PP tersebut, bahwa yang dimaksud dengan kegiatan pendidikan politik berkaitan dengan Pasal 9, yaitu:

Pertama, Peningkatan kesadaran hak dan kewajiban masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara;

Kedua, Peningkatan partisipasi politik dan inisiatif masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara; dan

Ketiga, Peningkatan kemandirian, kedewasaan, dan membangun karakter bangsa dalam rangka memelihara persatuan dan kesatuan bangsa.

Hal-hal lain yang berkaitan dengan teknis PP tersebut seperti Laporan Pertanggungjawaban, apa yang dimaksud dengan Kegiatan Operasional Sekretariat dan sebagainya, silakan klik tautan di bawah ini:

 pp-nomor-5-tahun-2009-bantuan-keuangan-partai-politik

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KALENDER

Juni 2009
S S R K J S M
« Mei   Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Arsip

RSS Buku Muslim

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Pilihan

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Blog Roll

Rekomendasi

http://www.islamhouse.com http://muslim.or.id http://www.al-islam.com/ind/

Chat Room

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: