Baghdad Batteries: Apakah Babel mampu menghasilkan listrik pada 250 SM?

1

25 Agustus 2009 oleh fahirohim

battery17-tm

Pada pertengahan tahun 1930-an serangkaian benda-benda aneh, diyakini berasal dari abad ke 3 rd SM, digali di Khujut Rabu, di dekat Baghdad.  Guci tembikar ini, berukuran sekitar 5 inci tinggi, mengandung tembaga silinder dan batang besi. 

Kelompok aneh ini objek, tidak diberi perhatian khusus, menemukan jalannya ke dalam koleksi Museum Nasional Irak. Tidak sampai beberapa tahun kemudian, Wilhelm Konig, direktur museum, menemukan guci ini dan potongan-potongan logam dan, setelah menganalisis mereka, menarik kesimpulan yang mengejutkan.

2

Pada tahun 1940 menerbitkan makalah Konig berpendapat bahwa ketika potongan-potongan artifak ini dipasangkan bersama-sama dengan benar dan kendi diisi dengan larutan asam, mereka membentuk sel elektrokimia fungsional mampu menghasilkan listrik.

Sementara sejarawan modern atribut penemuan baterai ke fisikawan Italia Alessandro Volta tahun 1800, Volta mungkin memiliki hanya diciptakan 2.000 hilang tahun teknologi. (Budaya dating sejauh 2.750 SM membuat surat menyebutkan listrik, walaupun hanya mengenai listrik yang terjadi secara alami. Itu tidak sampai abad 17 dan 18 pertanyaan akademik yang serius menjadi listrik dilakukan oleh para ilmuwan Barat, terutama William Gilbert dan Benyamin Franklin.)

Volta’s early “Voltaic pile” battery consisted of copper and zinc rods separated by pieces of cloth soaked in brine. When several of these units were piled atop one another and connected end-to-end by a wire, an electrical current flowed. 

Volta awal “tumpukan volta” baterai terdiri dari batang tembaga dan seng dipisahkan oleh potongan-potongan kain yang direndam dalam air garam. Ketika beberapa unit ini ditumpuk di atas satu sama lain dan terhubung end-to-end oleh kawat, arus listrik mengalir. 

Baghdad baterai, Konig percaya, bekerja dengan cara yang sama seperti tumpukan volta. Teori ini didukung oleh fakta bahwa batang-batang besi ditemukan di dalam guci gerabah pada kenyataannya menunjukkan bukti dari asam korosi, mungkin karena telah terendam dalam cuka. Konig menyarankan bahwa ketika batang besi dimasukkan ke dalam silinder tembaga, cocok ke dalam kendi ‘mulut dengan aspal sumbat, dan kendi diisi dengan cuka, sel-sel yang dihasilkan sebenarnya mampu menghasilkan arus listrik.

Klaim ini dibuktikan pada tahun 1940 oleh Willard FM Gray dari General Electric High Voltage Laboratory di Pittsfield, MA. Making an exact replica of the devices unearthed at Khujut Rabu and using a copper sulfite solution, Gray generated a half a volt of electricity. Membuat replika perangkat Khujut digali pada Rabu dan tembaga sulfit menggunakan solusi, Gray menghasilkan setengah volt listrik.

battery1a

Kemudian percobaan menggunakan jus anggur dan cuka hasil yang sama.  Bahkan program televisi populer Mythbusters berhasil diciptakan kembali Gray’s percobaan pada tahun 2005. Sedangkan tegangan yang dihasilkan oleh baterai ini adalah sedikit (tidak lebih dari 1V), telah membuat hipotesis bahwa jika beberapa dari mereka dihubungkan bersama begitu juga dengan seng dan tembaga batang di tumpukan volta, tegangan yang lebih tinggi dapat dicapai.

Here is a reproduction of a Baghdad battery connected to a multimeter. 

Berikut adalah reproduksi dari Baghdad baterai terhubung ke multimeter. 

Konig mengutip contoh electroplated artefak emas, yang berasal dari era yang sama seperti baterai, sebagai bukti penggunaan listrik bertegangan rendah di 3 rd abad sebelum masehi. Oleh negatif pengisian sepotong logam dengan arus listrik dan menenggelamkan dalam larutan garam logam, itu menjadi dilapisi dengan lapisan ion logam positif. Teknik ini telah digunakan, misalnya, dalam proses penyepuhan emas. Berlapis emas artefak Mesir contemporaneously berpacaran dengan baterai Baghdad dapat mendukung penafsiran ini baterai ‘digunakan.

A summary of the conclusions drawn by the television program Mythbusters, regarding possible uses of the Baghdad batteries.  Ringkasan kesimpulan yang diambil oleh program televisi Mythbusters, mengenai kemungkinan penggunaan baterai Baghdad. 

Pada tahun-tahun sejak Konig menerbitkan kertas pada tahun 1940, telah terjadi banyak perdebatan tentang baterai dalam komunitas ilmiah.

Dengan beberapa fraksi berpendapat bahwa gagasan kuno listrik lucu dan lain-lain akan sejauh mengklaim bahwa baterai Baghdad menjelaskan kekuatan legendaris Bibel Tabut Perjanjian, berbagai sudut pandang telah diungkapkan. Karena teks-teks kuno tidak pernah secara eksplisit menegaskan pengetahuan tentang energi listrik bisa digunakan, para sejarawan modern yang ditakdirkan untuk terus berspekulasi mengenai peran, jika ada sama sekali, yang mengontrol listrik dimainkan di Babilonia kuno. Tetapi ketika merenungkan objek yang memiliki potensi untuk secara drastis mendefinisikan kembali konsepsi kita mengenai sejarah kuno, seperti pada peta Piri Reis yang dibahas dalam entri sebelumnya, pikiran yang terbuka tentunya alat yang paling cocok.

Beberapa Bacaan Lebih Lanjut:

The Baghdad Batteries on WorldMysteries.com Baterai Baghdad pada WorldMysteries.com

The Baghdad Batteries on the UnMuseum Baterai Baghdad pada UnMuseum

A description of how electroplating works Penjelasan tentang bagaimana elektroplating bekerja

Some information about Alessandro Volta and his accomplishments Beberapa informasi tentang Alessandro Volta dan prestasi

A history of batteries, complete with a timeline Sejarah baterai, lengkap dengan garis waktu

One thought on “Baghdad Batteries: Apakah Babel mampu menghasilkan listrik pada 250 SM?

  1. omiyan mengatakan:

    ulasan yang mantap

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KALENDER

Agustus 2009
S S R K J S M
« Jul   Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Arsip

RSS Buku Muslim

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Pilihan

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Blog Roll

Rekomendasi

http://www.islamhouse.com http://muslim.or.id http://www.al-islam.com/ind/

Chat Room

Klik tertinggi

  • Tak ada
%d blogger menyukai ini: