Jabal Magnet Keajaiban Alam di Madinah

2

2 September 2009 oleh fahirohim

Madinah selain dikenal sebagai kota nabi, memiliki panorama alam yang indah yang dikelilingi oleh deretan perbukitan atau dalam bahasa Arab dikenal jabal. Disamping jabal Uhud yang terkenal karena sejarah peperangan zaman Rasulullah SAW, ada lagi jabal magnet, tempat wisata yang menarik jamaah haji termasuk Indonesia itu, terletak sekitar 30 KM dari kota Madinah menuju arah kota Tabuk.

Namun, jabal magnet yang sudah terkenal dikalangan jamaah haji Indonesia itu, ternyata tidak dikenal oleh warga asli Madinah, bahkan yang lebih tahu adalah warga Madinah yang merupakan pendatang. Dan setelah diketahui, ternyata warga asli Madinah menyebutnya bukan dengan jabal magnet (bukit magnet), tetapi Manthaqotul Baido (tanah putih).

Jabal magnet terletak diluar wilayah haram, kawasan ini ditempuh sekitar 30 menit dari pusat kota Madinah. Untuk mengakses ke arah jabal magnet melalui hamparan pasir, pepohonan dan gunung berbatu menambah keindahannya. Konon jabal magnet ini merupakan pusat magnet terbesar didunia, hal ini dirasakan dari daya magnet terhadap mobil yang dalam posisi perseneling netral, mobil dapat melaju kencang. Sebaliknya, kendaraan yang melintas menuju di jabal magnet akan terasa berat, karena terjadi arus tarik menarik.

Jalan-jalan di kota Madinah menurun, namun kondisinya tidak curam, yang mengherankan, ketika kendaraan terus melaju dengan kecepatan tinggi hingga mencapai 120 KM/jam, meski mesin mobil dimatikan. Namun, keajaiban yang ada di tanah suci itu hanya berlangsung sekira 2-3 kilometer.

Melihat fenomena yang ada itu, membuat kita bertanya-tanya akan keajaiban dari ciptaan Allah. Hanya Dialah yang mengetahui rahasia dibalik semua ciptaannya.(novel) (Eramuslim.com)

2 thoughts on “Jabal Magnet Keajaiban Alam di Madinah

  1. Tengku Fahri mengatakan:

    Luar biasa ya gan …..

    itu yang dsebut kuasa Allah…

  2. Teguh Iman Prasetya mengatakan:

    Alhamdulillah saya menemukan banyak karya yang sangat bagus dari blog seorang sahabat. Banyak sekali yang menarik dan blognya akan saya koleksi di sawung sahabat.

    Mengenai Mekkah dan Madinah banyak hal yang ajaib bahkan fenomena alam dan satwa. Saya ingat di seputaran halaman Masjidil Haram begitu sangat banyak sekali ribuan burung merpati datang berkunjung dan sangat jinak. Saya melihat dan merasakan bahwa naluri mereka sangat bersahabat.

    Jabal (gunung) Qubais di Mekkah saya sudah tahu bahkan ada sebagian lahan yang sesungguhnya masih hak waris keluarga Syekh Nawawi – Al Bantani.Mengenai Madinah dengan Jabal (gunung) Magnitnya saya belum tahu tetapi sepertinya pernah melihat. Fenomena magnit pada gunung bagi saya adalah bukan hal yang ajaib.

    Fenomena ini juga ada pada Gunung Pulosari di Mandalawangi-Salakanagara, dimana apabila ada pesawat terbang melintas akan jatuh karena ditarik oleh kekuatan magnit yang sangat besar. Peristiwa ini pernah menimpa pesawat terbang jatuh ditahun 70-80an. Magnit di gunung Pulosari hanya pada lempengan batu ajaib yang tidak begitu besar tetapi memiliki kekuatan tinggi. Dapat dicoba ketika kita membawa benda materi besi.
    ===================== Fahirohim =====================
    Oh ya, Syeh Nawawi memiliki sebagian hak waris gunung tersebut ?

    Fenomena alam batu bermagnet memang bukan saja di Jabal Qubais tapi banyak di beberapa daerah termasuk yang sobat sebutkan. Yang lebih menarik ada hipotesis bahwa di sebuah Pulau (Kaledupa), yaitu bukit Tapas, ini merupakan pusat bumi mengingat nama itu adalah POUNUPUTA yang berarti “Pusat Tanah”, kalau bahasa setempat dengan sebutan Kaledupa.
    Keanehan titik tempat tersebut adalah seakan anti grafitasi sehingga daun yang jatuh diatasnya tidak mau ketempat tersebut.
    Itulah hipotesis Fahmi Basya dalam Onemillionphenomena-Risalah Rabbi ku No. 3 hal. 33.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KALENDER

September 2009
S S R K J S M
« Agu    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Arsip

RSS Buku Muslim

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Pilihan

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Blog Roll

Rekomendasi

http://www.islamhouse.com http://muslim.or.id http://www.al-islam.com/ind/

Chat Room

Klik tertinggi

  • Tak ada
%d blogger menyukai ini: